Minggu, 19 Desember 2010

Penerapan Regresi Linier Bidang Kesehatan dari Susenas

Sebuah penelitian dengan menggunakan beberapa variabel umumnya bertujuan mengetahui hubungan antar variabel tersebut. Hubungan antar variabel dapat bersifat kedekatan (korelasi) atau hubungan sebab-akibat dimana satu atau lebih variabel mempengaruhi peubah lainnya. Peubah yang mempengaruhi sering disebut variabel bebas (independent variables) atau peubah penjelas (predictor), sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah variabel tidak-bebas (dependent variables) atau peubah respon (response variables). Hubungan peubah respon dengan peubah penjelas ini bisa dirumuskan dengan persamaan matematika yang sering dikenal sebagai persamaan/model regresi.
Sedangkan hubungan peubah-peubah penjelas dengan satu peubah respon yang bisa digambarkan dalam garis lurus maka disebut persamaan regresi linier, dan jika bisa digambarkan dengan garis yang tidak lurus maka disebut regresi non-linier. Sedangkan regresi linier yang melibatkan 1 peubah respond an 1 peubah penjelas disebut regresi linier sederhana. Sedangkan yang melibatkan 1 peubah respon dan banyak peubah penjelas maka disebut regresi linier berganda.
Mungkin untuk penjelasan singkat tentang regresi linier cukup disini dulu, walaupun sebenarnya masih banyak informasi yang perlu diketahui dari regresi ini, misalnya: pengujian model regresi, ukuran baik-tidaknya model regresi yang kita buat, asumsi-asumsi yang harus dipenuhi (linier, sisaan saling bebas, ragam sisaan homogen, sisaan harus normal, variabel penjelas harus saling bebas), ada juga pengaruh data ekstrim atau pencilan, dan masih banyak lagi. Untungnya sumber info di atas bisa diperoleh dari internet.
Penerapan ke Sumber Data Susenas
Susenas adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional yang pendataannya dilakukan tiap bulan Juli setahun sekali. Unit yang disurvei adalah rumahtangga, jadi selain informasi tentang rumahtangga juga tersedia data anggota rumah tangganya juga, data orang-perorang rumah tangga tersedia juga. Tentunya info yang ada hanya terbatas informasi umum, tidak spesifik nama dan alamat.
Data Susenas sangat kaya sekali dengan informasi sosial ekonomi masyarakat Indonesia. Untuk untuk diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang luas untuk membuat sebuah model regresi dari fenomena sosial khususnya rumah tangga.
Bidang Kesehatan
Perlu dicoba untuk melihat hubungan sebab-akibat antara veriabel-varibael yang berhubungan dengan bidang kesehatan, seperti berikut ini:
Pengaruh dari jumlah anggota rumah tangga yang sakit terhadap peubah respon pengeluaran khusus kesehatan per bulan perkapita. Disini diasumsikan bahwa makin banyak anggota rumahtangga yang sakit maka akan berpengaruh ke besar pengeluaran khusus kesehatan. Bisa juga memasukan peubah penjelas jumlah balita di rumahtangga sehingga kita bisa gunakan metode regresi linier ganda dengan dua variabel penjelas. Selain itu bisa dimasukan peubah penjelas lain seperti jumlah anggota keluarga, jumlah anggota rumahtangga bukan usia produktif, jumlah anggota yang pernah rawat jalan/inap, dan masih banyak lagi.
Itulah salah satu contoh sebuah topik studi dengan menggunakan metode regresi linier ganda dari sumber data susenas untuk bidang kesehatan. Penulis sadar sebenarnya masih banyak info yang kurang, baik info tentang regresi, atau susenas atau penerapannya; tetapi ini sebuah awal (seperti tag line blog ini), jadi Andalah yang bisa menentukan langkah berikutnya. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar